Gunung Padang Cianjur, Tiket Masuk dan Fasilitas

Gunung Padang dimana salah satu objek wisata sejarah, serta objek wisata alam yang berpadu dalam satu kawasan. Keindahan alam yang tersaji di Situs Megalitikum Gunung Padang sangat nyaman untuk dinikmati.

Dinamakan Gunung Padang yang menurut masyarakat setempat maknanya ialah “Gunung Terang” karena di tempat ini sering ada suara -suara musikal dan terang benderang pada malam-malam tertentu.

Gunung Padang sendiri bukanlah gunung aktif, tetapi lebih tepat dikatakan sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 885 mdpl. Meskipun memiliki view alam yang menawan, namun pesona utama Gunung Padang terletak pada tema destinasi wisata sejarahnya, yang hingga saat ini masih menjadi misteri tak terpecahkan.

Diduga, jika riset tentang Gunung Padang menemui titik terang, akan merubah tatanan sejarah yang selama ini berkembang di masyarakat. Bukan hanya nasional, bahkan internasional.

Mengenal Sejarahnya Nama Gunung Padang

Gunung Padang bukan menunjukan tentang sebuah nama kota yang saat ini berada di Pulau Sumatera. Kata Padang dalam istilah sunda bisa berarti caang, dalam bahasa Indonesia yang berarti terang.

Ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa Padang diambil dari kata Pa yang berarti tempat, Da yang berarti besar dan agung, serta Hyang dengan arti moyang, atau leluhur.

Dengan demikian kata Padang yang melekat pada Situs Gunung Padang Cianjur mempunyai makna tempat agung para leluhur.

Lokasi Wisata Gunung Padang

Lokasi Gunung Padang dimana yang terletak di dua kampung. Adapun alamat dari Gunung Padang berada di Kampung Gunung Padang, Kampung Cipanggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Rute Untuk Menuju Wisata Gunung Padang

Rute menuju Gunung Padang, jika kamu ingin berangkat dari alun-alun Cianjur hanya berjarak sekitar 32 kilometer saja, dimana dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Akses jalan menuju Gunung Padang bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor, maupun mobil.

Tiket Masuk Wista Gunung Padang

Kawasan wisata Gunung Padang ini tidak menetapkan tarif mahal untuk pengunjung kawan. Cukup membayar Rp 5.000 pengunjung sudah bisa berkeliling dan menikmati area sekitar. Kemudian, bila ingin didampingi oleh pemandu bisa mengeluarkan biaya tambahan sebesar kurang lebihnya Rp. 100,000.

Jam Buka Wista Gunung Padang

Untuk jam buka Gunung padang mulai dari jam 08.00 sampai jam 16.00 . Para pengunjung akan didampingi oleh petugas setempat selama berada di lokasi tersebut.

Daya Tarik Situs Gunung Padang Cianjur

1 .View Alam Yang Indah

Gunung Padang yang ada di daerah Cianjur bukan hanya menyajikan tentang kekaguman wisata di sebuah Cagar budaya saja, namun Gunung Padang mampu menjadi destinasi wisata alam yang eksotis.

2. Misterius ( Seputar Mistis )

Berdasarkan sejarah juru kunci Gunung Padang, dimana kawasan pegunungan ini pada awalnya bernama Nagara Siang Padang yang merupakan tempat berbagai ilmu pengetahuan. Mulai dari sejarah, arkeologi, antropologi, sosiologi, dan diakhiri dengan geologi.

Kemudian, di dekat pintu masuk situs ini, pengunjung bisa menemukan Sumur Kahuripan yang terkenal. Kahuripan itu sendiri memiliki makna hidup, sesuai dengan namanya sumur ini yang konon katanya tidak pernah kering meski pada musim kemarau sekaligus.

Di daerah Gunung Padang mulai banyak melakukan penelitian tentang asal-usulnya. Siapa sangka jika hasil penelitian tersebut sempat memunculkan teori bahwa ada piramida yang terkubur di dalamnya. Namun sejauh ini teori-teori tersebut masih menjadi misteri.

3. Situs Megalitikum

Dalam bahasa megalitik bisa diartikan sebagai batu besar yang dimana itu pasti mengacu pada peradaban manusia purba yang menggunakan batu-batu besar di bangunannya. Itulah sebabnya Gunung Padang kini disebut sebagai situs megalitik. Keberadaan posisi Gunung Padang ini telah dikenal sejak tahun 1914 berkat laporan yang dimuat dalam Rapporten van de Oudheidkundige Dienst (ROD, “Buletin Dinas Arkeologi”). Apalagi sejarawan Belanda N. J. Krom juga menyebut tempat ini pada tahun 1949.

Kemudian, pada 1979, tiga warga sekitar melaporkan keberadaan tumpukan batu besar ini kepada Inspektur Kebudayaan Kabupaten Campaka. Hasil penelitian lain juga menunjukkan bahwa terdapat kemungkinan terdapat beberapa batu megalitik yang terlibat dalam musik tersebut

4. Bukti Perdaban

Saat mulai memasuki kawasan Gunung Padang, maka para pengunjung langsung disajikan sebuah bukti peradaban jaman dahulu yang sudah maju. Dimana hal ini dibuktikan dengan tangga pendakian yang panjang, dan kokoh, yang terbuat dari tumpukan lempengan bebatuan.

Tangga tersebut adalah akses menuju puncak Gunung Padang. Memiliki kemiringan sampai 0 derajat, namun tidak roboh, menjadi penegasan tentang kemajuan peradaban saat itu. Setelah sampai di undakan pertama, maka pengunjung akan melihat bebatuan yang menjadi bukti peradaban saat itu.

Setiap gundukan batu memiliki batu yang berbeda bentuk, namun batu tersebut sangat kuat. Bahkan di salah-satu undakan, batunya bisa mengeluarkan bunyi musik. Dan di pada gundukan batu ke lima, para pengunjung akan semakin takjub dengan melihat ukiran senjata khas tatar pasundan, yaitu Kujang, yang terukir di bebatuan yang sangat kuat.

Fasilitas Gunung Padang

Fastilitas yang ada di wista Gunung Padang dimana saat ini sangat memadai, kalian tidak perlu khawatir karena kelaparan, karena banyak warung – warung untuk kita beristirahat sambil ngemil, dan selain itu fasilitas tersedia diantaranya :

  • Area Parkir Kendaraan
  • Toilet,
  • Mushola
  • Warung makanan.

Selain itu, dimana di daerah Cianjur selatan banyak sekali tempat wista yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Curug Ngebul, Pantai, Curug Cikondang, Karang Potong dan banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *