Proses Persiapan Untuk Memulai Terjun di Dunia Ternak Tikus

Secara umum, sifat alami tikus putih ini ( mencit ) merupakan mahluk sosial yang dapat bertahan hidup bersama dan hidup dalam kelompok kecil. Meskipun belum dapat membentuk koloni, namun memelihara tikus putih ini dalam jumlah banyak lebih baik dalam meningkatkan produktifitas mencit dibandingkan dengan memisahkan mencit dalam kandang yang terpisah.

Tingkah laku sosial ini terlihat jelas dari interaksi antar mencit yang terkadang bermain dengan individu lain dan sampai mengganggu mencit lain namun tidak sampai pola agresif atau saling melukai.

Pada kondisi khusus, tingkah laku mencit hampir serupa dengan kondisi dan tingkah laku dari tikus, interaksi saling merespon antar satu mencit dan mencit lainya hampir terlihat jelas disepanjang hari karena mencit termaksud jenis hewan aktif.

Pada dasarnya tikus adalah binatang omnivora artinya pemakan segala. Jangan dikira tikus hanya suka makan keju saja, seperti di film-film kartun Walt Disney. Tikus rumah liar akan memakan apa saja yang mereka temukan di dalam rumah, mulai dari roti, mie instant, kue, keju, daging, biji-bijian, beras, dan lain-lain. Sifat alami tikus ini memudahkan kita untuk memberi makan pada tikus.

Selain itu dalam perawatannya juga diberi makan makanan yang banyak mengandung air. Meskipun kita sudah memberinya minum yang cukup. Makan-makanan yang banyak mengandung air yang bisa kita berikan antara lain mentimun atau wortel. Makan-makanan ini akan cukup memberikan asupan air untuk tikus tersebut.

Hal Yang Harus di Ketahui Sebelum Terjun di Peternak Tikus :

1. Persiapan Terlebih Dahulu Kandang Untuk Ternak Tikusnya

Dalam proses ternak mencit, Kalian membutuhkan beberapa kandang yang masing-masing jenisnya disesuaikan dengan perkembangannya. Setidaknya ada 4 jenis kandang yang Anda butuhkan, diantaranya adalah:

a. Jenis Kandang Ternak Tikus Putih

  • Kandang individu betina/jantan.
  • Kandang untuk indukan dan juga anakan.
  • Kandag untuk stok yang siap untuk dijual.
  • Kandang karantina, jika terdapat tikus yang sakit/ada gejala sakit.

b. Cara Membuat Kandang Ternak Tikus Putih

Meski ada banyak jenis, namun kandang ternak tikus putih memiliki bentuk dan jenis yang sama. Anda bisa membuat kandang ternak tikus putih dengan berbagai Macam cara yang bisa kalian buat. Untuk detailnya kalian bisa lihat chanel youtube kami di “Djunti Farm” dalam rekomendasi membuat kandang tikus.

2. Mempersiapkan Tikus

Indukan tikus putih haruslah yang unggul dan berkualitas. Sebab, indukan inilah yang nantinya menghasilkan anak dalam usaha ternak tikus putih Anda. Setelah tikus putih hamil dan melahirkan maka langkah selanjutnya kita dapat memisahkan tikus-tikus nakan di dalam kandang yang berbeda.

Kita juga dapat menyortir antara tikus putih anakan yang sehat dan tidak, dan kita juga harus memindahkan tikus yang sakit jangan sampai di satukan karena akan berpengaruh teradap tikus putih ankan lainnya nanti.

3. Ketahui Pakan Untuk Kita Ternak Tikus Putih

Tikus putih menurut saya sendiri dimana termasuk binatang bandel. Menu pakannya pun cukup sederhana. Jagung, kacang atau pur ayam sudah bisa membuat si Tikus puas dan sehat. “Pur ayam bisa dipilih yang paling murah harganya,limbah remukan roti kering juga sangat baik buat pakan.

4. Perawatan Tikus

Dalam hal merawat ini sangatlah penting, kalian harus benar – benar mempelajari cara merawat tikus yang baik dan benar agar sitikus tetap terlihat sehat dan tentu akan menarik perhatian untuk sipembeli yang nanti bisa dijadikan bahan pakan reptil ataupun uji di lab.

Catatan :

Sehebat apapun sebuah peluang usaha rumahan, bukan berarti tak mengandung risiko.Kondisi kandang budidaya harus benar-benar diperhatikan. Kandang kotor bisa memicu terjangkitnya aneka penyakit.

Semisal borok kulit yang diakibatkan jamur dan bakteri. Ketika dijual, tikus harus benar-benar dalam kondisi ekstra bersih dan sehat. Apalagi tikus yang hendak dijual sebagai bahan penelitian.

Mungkin itulah salah info penting bagi kalian yang ingin terjun didalam dunia peternak tikus, dan perlu diingat juga, harus benar – benar pikirkan matang – matang jangan sampai putus di tengah jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *