Ini Dia Salah Satu Bahan Persiapan Untuk Memulai Budidaya Jangkrik Peternak

Jangkrik salah satu hewan yang tidak asing, karena hewan ini bisa kita temui di alam, di peternak burung atau peternak jangkrik langsung. Diantara kalian yang dimana ingin mencoba terjun di dunia peternakan tentu harus mempelajari dasar dasarnya terlebih dahulu agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Jangkrik sendiri dimana memang sangatlah mudah dalam perawatannya jika kita sudah tau caranya, dan kali ini saya akan coba membagikan sebuah artikel tentang dalam budidaya jangkrik dari nol mulai dari telurnya. Untuk telurnya sendiri saya beli dari rekan saya yang juga dimana dia peternak jangkrik yang hebat, dan saya belajar juga sama dia.

Perlu kita ketahui, untuk jangkrik sebagai sumber pakan burung kita harus memilih telur jangkrik alam, karena burung biasanya tidak suka dengan jenis jangkrik genggong/kalung.

Usahakan belo TJ ( telur jangkrik ) alam ya guys. Oke langsung saja simak bahan bahan yang harus kita persiapkan untuk memulai terjun di dunia ternak jangkrik.

Untuk Bahan – Bahannya Yang Perlu di Siapkan Adalah :

  • Box Untuk Jangkrik
  • Egg Tray
  • Pur ( bahan makanan untuk jangkrik )
  • Gedebog pisan ( bahan minum jangkrik )
  • Grinderan ( untuk menghaluskan pur )
  • Ayakan carang
  • Koran

Mungkin itu salah satu alat yang perlu kita siapkan, dan pertama kita perlu menyusun egg traynya terlebih dahulu ke dalam box yang sudah disiapkan, dan dalam penyusunannya tergantung kalian mau pilih yang mana, bisa pilih berdiri atau telungkap untuk egg traynya.

Sebagai eksperimen saya sendiri mencoba menggunakan metode dua duanya di coba. Egg tray yang sudah disusun kalian bisa berikan selembaran koran di atas egg trey lalu bisa simpan telur jangkrik yang sudah menetas sekitaran 50% atau 80% ke atas koran tersebut.

Jika suhu di daerah kalian terlalu dingin bisa gunakan bohlam atau lampu di atas telur yang sudah ditebar di atas koran dengan tujuan untuk menghangatkan suhu si telur jangkrik tersebut agar tidak kedingingan dan mati. Lalu gedebog pisang untuk apa ?

Fungsi dari gedebog pisang bisa kalian potong panjang tipis – tipis dan bisa letakan di dalam box di atas egg tray agar si jangkrik bertujuan untuk memberi minum jangkrik tersebut. Perlu kita ingat, harus rutin dalam pengecekannya agar terhindar dari habisnya media air minum yang diberikan.

Oh ya lupa, sebelum memberikan gedeboh pisang, kalian bisa coba menebarkan terlebih dahulu pur yang sudah digiling halus ke dalam box dengan cara di ayak menggunakan ayakan carang ke dalam box jangkrik yang sudah disusun gg tray agar sijangkrik tidak kesulitan dalam mencari makanannya, dan ini penting sekali menurut saya sendiri agar si jangkrik nanti bisa tumbuh merata.

Mungkin itu suatu hal yang penting harus kita perhatikan, dan jangan pernah kekurangan dalam memberikan makanan dan media untuk minumnya agar nanti si jangkrik yang dihasilkan bisa maksimal.

Tinggal dalam hal pengelolaan saja yang perlu kita perhatikan, memang sekilas terlihat mudah dalam perawatan jangkrik ini, namun bagi pemula khususnya saya sendiri memang bisa dibilang gampang gampang susah.

Jangan takut gagal, cobalah terlebih dahulu dan tekuni bisnis yang sedang kalian jalani, seiring waktu pasti kita akan tahu dimana proses yang baik dan benar dalam menjalankan bisnisnya.

Semoga aritikel yang sudah saya ketik bisa bermanfaat bagi kalian yang khususnya sudah membacanya, dan semoga bisa menghasilkan jangkrik yang maksimal bagi kalian yang sedang maupun yang baru terjun di dunia peternakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *