Vitamin Dan Pakan Yang Bagus Untuk Ternak Jangkrik

Jangkrik saat ini telah banyak dikembangbiakkan sebagai makanan ekstra ataupun makanan tambahan untuk burung. Kepopuleran jangkrik memang tidak terlepas dari maraknya para pecinta burung yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, jangkrik juga dipercaya bisa meningkatkan kicauan burung karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Agar bisa sukses dalam ternak jangkrik, anda perlu tahu jenis pakan jangkrik agar cepat besar. Pastinya semakin cepat besar, semakin cepat pula anda bisa mendapatkan keuntungan dari hasil ternak rumahan bermodal kecil ini.

Karena itu para pembudidaya mesti menyiapkan pakan ternak untuk hewan baik itu pakan alami maupun pakan buatan, Jangkrik sangat suka pakan berupa sawi putih, sawi hijau, terung, gambas, kacang buncis, kacang tanah, kacang panjang, dan wortel juga harus disiapkan.

Dalam memberikan pakan ini, harus bersih dan tidak boleh mengandung pestisida. Karena itu sebaik cuci bersih dulu pakan sebelum diberikan kepada jangkrik. Pakan jangkrik pada prinsipnya harus mengandung beberapa vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein.

1 .Pakan Yang Baik Untuk Jangkrik Peternak :

  • Berikan Batang Pohon Pepaya

Jangkrik yang sudah atau yang baru berumur lebih dari 10 hari bisa diberikan daun pepaya, Adapun batang pepaya bisa diberikan untuk jangkrik yang sudah dewasa. Karena dimana dalam kandungan gizi dari daun serta batang pepaya ini sangatlah bagus sehingga si jangkrik dapat bertumbuh dengan baik.

  • Batang Pohon Pisang Untuk Media Air Minumnya

Salah satu hal yang penting dalam memberikan media air minum untuk jangkrik peternak khususnya yang berumuran kurang dari 10 hari bisa diberikan batang atau gedebog pisang untuk minumnya. Batang pohon pisang dimana memiliki banyak kandungan air serta mineral di dalamnya sehingga akan sangat membantu pertumbuhan jangkrik agar cepat dewasa dan bisa cepat bertelur. Tetapi perlu diingat, hanya berikan batang pohon pisang yang segar saja ya.

  • Sayuran Hijau

Pemberian pakan berupa sayuran yang banyak mengandung air ini penting juga sebagai makanan untuk pengganti minum jangkrik jika batang pohon pisang atau gedebog pisang tidak ada. Pemberian makanan berupa sayuran ini juga sesuai dengan kebiasaan makan jangkrik di habitat aslinya yang kebanyakan makan daun-daunan.

  • Pur Ayam

Pakan bergizi tinggi untuk memberikan pakan untuk jangkrik peternak yaitu pur ayam 511 yang sudah dihaluskan atau digiling. Pakan ini telah direkomendasikan oleh pakar peternakan. Dengan memiliki kandungan pakan pur ayam 511 dianggap sesuai untuk diberikan pada jangkrik. Sayuran yang diberikan harus sering diganti-ganti agar seluruh kebutuhan nutrisi jangkrik bisa terpenuhi.

  • Berikan Rumput

Jenis rumput rumputan terutama rumput liar adalah alternatif makanan jangkrik yang bagus untuk jangkrik cepat dapat dipanen. Rumput liar yang diberikan adalah jenis rumput yang memiliki daun kecil serta tumbuh menjalar. Beberapa jenis rumput liar yang sering dijadikan makanan jangkrik adalah pare liar atau pare alas.

Pare adalah tanaman rumput-rumputan yang banyak ditemukan di sekitar rumah. dengan mudah ditemukan inilah mengapa banyak peternak jangkrik menjadikannya sebagai makanan alternatif untuk jangkrik.

2. Vitamin Untuk Jangkrik Peternak :

  • Vitha Chick

Ada banyak kandungan yang dimiliki oleh multivitamin yang satu ini. Masing-masing kandungan memiliki efek yang membuat jangkrik semakin kebal dan bisa tumbuh dengan cepat. Dan cara untuk Pemberian Vitachick ini biasanya dilakukan dengan mencampurkannya dengan voer ayam. Sehingga mereka tetap mau memakannya, sebab bila diberikan langsung biasanya jangkrik tidak mau makan.

  • Minyak Ikan

Minyak ikan memiliki manfaat penting untuk jangkrik supaya pertumbuhannya lebih maksimal. Ini bisa diberikan dengan cara dilarutkan ke air lalu disemprotkan ke sayur yang mau diberikan.

3. Memberikan Protein minimal 20%

Di pasaran banyak sekali pakan jangkrik yang tentu dijual, dan mereka menyebutnya protein, suplemen, dan pakan tambahan untuk jangkrik peternak. Menurut beberapa peternak, protein untuk pakan jangkrik adalah minimal 20%. Jadi berikan protein sesuai atau secukupnya saja.

Itulah mungkin salah satu hal yang penting yang harus kita ketahui dalam memberikan pakan untuk jangkrik agar pertumbuhannya bagus dan tentu hasil bisa maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *